tanggal

Hari ini :     Pukul :

Senin, 06 Februari 2012

Google menggabungkan 60 Kebijakan Privasi dalam satu Dokumen


Google mengumumkan bahwa perusahaannya telah melakukan langkah-langkah untuk melakukan perubahan besar menyangkut kebijakan privasi dan ketentuan layanan pada semua produk-produknya. Perubahan ini akan mulai berlaku pada tanggal 1 maret mendatang, namun saat ini telah tersedia kebijakan baru yang telah diposting di websitenya agar semua orang dapat mempelajarinya sebelum nanti menggunakannya.  
Perubahan besar yang dilakukan oleh google adalah bahwa google telah melakukan konsolidasi untuk menggabungkan kebijakan privasinya yang banyak menjadi satu kesatuan dalam produknya. Ada 60 kebijakan privasi yang digabungkan menjadi satu kesatuan dari keseluruhan jumlah yang dimiliki yaitu sebanyak 70 kebijakan privasi.
Berita baiknya adalah, dengan langkah perubahan yang dikaukan oleh google ini , akan memberikan kemudahan kepada penggunanya untuk mngetahui secara jelas bagaimana google menangani data mereka dalam puluhan layanan yang disediakan hanya dengan membaca satu dokumen saja.

Direktur Privasi Google, Alma Whitten, menulis bahwa : “kami meluncurkan sebuah kebijakan privasi baru yang mencakup sebagian besar produk utama kami dan menjelaskan apa dan bagaimana informasi-informasi yang kami kumpulkan.”
Konsolidasi ini dilengkapi dengan pemberitahuan tentang sebagian besar layanan dan produk google  yang saat ini bisa untuk berbagi data, bahwa apapun yang telah ada di salah satu situs anda, dapat digunakan juga pada situs lainnya yang tercakup dalam kebijakan terpadu yang baru.
Langkah yang diambil google ini sebenarnya mendapatkan kritik yang menilai justru langkah ini akan mengurangi privasi pengguna. Kritik ini tidak sepenuhnya benar, karena pada dasarnya tidak ada perubahan yang terlalu berpengaruh kepada pengguna, walaupun pada saat yang bersamaan, juga tidak jelas apa yang dapat dilakukan kepada pengguna dengan langkah ini dan bagaimana menggunakannya.
Menurut Whitten : “perubahan utama dalam kebijakan privasi yang baru ini adalah memberikan penjelasan untuk pengguna dengan akun google, bahwa ketika melakukan sign-in, kami akan menggabungkan informasi yang anda berikan dari satu layanan dengan informasi dari layanan lain. Singkatnya, kita akan memperlakukan anda sebagai pengguna tunggal disemua produk kami untuk memberikan sebuah pengalaman sederhana yang lebih intuitif.”
Preview dari kebijakan privasi terpadu yang baru bisa dibaca di https://www.google.com/policies/privacy/preview/, tetapi beberapa produk, seperti Google Books atau Chrome, masih tetap memiliki kebijakan sendiri yang spesifik. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...